Kenapa Koding ?

Sempat mengisi seminar (ciyeeh), ya seminar kecil-kecilan yang diselenggarakan kantor untuk adek-adek mahasiswa. Kebetulan saya adalah salah satu programmer di Institusi saya yang bergerak di bidang pendidikan plat merah. Materinya tentang pemerograman untuk pemula. Materi yang ingin disampaikan berupa motivasi agar adek-adek mahasiswa tertarik untuk belajar pemerogram (bahasa italinya >> Koding).

Kalau teman-teman saat kuliah mengambil konsentrasi ilmu komputer atau sejenisnya, koding akan terasa mengerikan (itu yang saya dulu rasakan). Tetapi kalau untuk orang awam, akan penasaran dan tertarik untuk koding. Percayalah, koding tidak semudah dan semenarik yang anda pikirkan 😀 . Terus gimana sih biar koding bisa mudah beneran, bukan kelihatannya saja?. Ya jawabannya tentu belajar.

Awal mula saya mengenal koding karena mengulang matakuliah pemerograman komputer I dengan bahasa pemerogram Pascal sebanyak 3 kali. Jadi kebayang ya bagaimana mengelotoknya dengan struktur program itu 😀 . Hikmah saya mengulang mata kuliah itu tentu seperti sekarang ini menjadi programmer. Di zaman sekarang, sudah banyak literatur tentang bahasa pemerogram. Untuk mahir menjadi programmer, saran saya kuasai dahulu salah satu bahasa pemerograman. Karena antara bahasa yang satu dan lainnya tidak jauh berbeda strukturnya. Kemudian bergabung ke forum-forum untuk memperdalam ilmu, disana banyak contoh kasus yang mungkin sesuai dengan problem kita.

Dan yang terakhir, wejangan ini saya dapat dari senior saya “Learning By Doing”. Yup belajar dari pengalaman. Saat sistem kita sudah berjalan dan dipakai, baru akan muncul error atau serangan keamanan dari pihak yang tidak diinginkan. Keadaan seperti itu jangan melemahkan kita, justru harus dijadikan pengalaman agar sistem yang kita buat bisa lebih baik kedepannya.

Nanti saya akan bagikan tutorialnya, sementara ini motivasi dulu buat reken-rekan yang baru memulai yah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *