Skip Challenge

Skip Challenge, yah itu tren baru di dunia maya yang telah merenggut korban jiwa. Informasi yang tersaji di dunia maya memang tersaji tanpa batas. Satu lagi kegiatan yang ‘nyeleneh’ sedang menjadi tren di dunia maya. Kegiatan itu dinamakan Skip Challenge, biasanya kegiatan yang akan menjadi tren dipopulerkan oleh selebgram atau selebtwit dengan follower yang banyak sekali. Itulah mengapa Skip Challenge langsung mewabah di kalangan remaja khususnya.

SKIP CHALLENGE
SKIP CHALLENGE

Apa sih Skip Challenge?

Skip Challenge adalah kegiatan menekan dada kuat-kuat sampai si korban kejang-kejang atau pingsan sesaat. Skip Challenge dilakukan dua orang lebih dengan satu orang menjadi korban untuk ditekan dadanya oleh yang lainnya. Biasanya kegiatan ini akan direkam oleh teman yang lain.

Banyak resiko yang ditimbulkan dari kegiatan Skip Challenge ini. Resiko yang utama pastinya bisa menyebabkan kematian bagi si korban. Ini disebabkan jalan masuk oksigen yang tertutup karena dada ditekan dengan keras. Salah seorang Dokter bernama Yoga Yuniadi ahli dan spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS. Harapan Kita, seperti dikutip laman kompas mengungkapkan bagaimana bahayanya melakukan aksi ini. Dimana dengan adanya penekanan pada dada maka akan berujung menurunnya kadar oksigen yang ada didalam darah (hipoksia) sehingga dengan adanya penekanan yang keras dalam waktu lama akan menghalangi terhadap upaya napas dan bisa membuat kadar oksigen darah menurun.

Saya sendiri bingung, dimana keasyikan kegiatan ini sehingga bisa menjadi viral. Tidak sepatutnya kita malah ikut-ikutan kegiatan yang tidak berguna semacam ini. Tapi kita tunggu saja kegiatan aneh macam apalagi yang akan menjadi viral di media sosial seperti Skip Challenge.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *